Workshop Finalisasi Kaji Ulang RAD - GRK dan Percepatan Pelaporan PEP RAD - GRK Tahun 2016 31 Oktober – 1 November 2017

WORKSHOP FINALISASI KAJI ULANG RAD - GRK DAN PERCEPATAN PELAPORAN PEP RAD - GRK TAHUN 2016 31 OKTOBER – 1 NOVEMBER 2017

Kementerian PPN/ Bappenas melaksanakan Workshop Finalisasi Kaji Ulang RAD - GRK dan Percepatan Pelaporan PEP RAD - GRK Tahun 2016 di Hotel Four Points Makassar. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan GIZ Vicklim dan ICED-II/USAID dan mitra pembangunan. Dalam kesempatan ini, hadir perwakilan pemerintah daerah dari 34 provinsi, mitra pembangunan serta perwakilan dari Kementerian/ Lembaga.

Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/ Bappenas Pak Medrilzam dalam pembukaannya mengharapkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) dapat menjadi pengerak di daerah khususnya untuk mengintegrasikan dan mainstreaming perubahan iklim dalam perencanaan pembangunan daerah. Pak Medril menekankan pentingnya peran Bappeda dalam hal ini, beliau mengharapkan Bappeda menjadi fasilitator di dalam proses integrasi program-program kegiatan perubahan iklim di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menyempurnakan draft dokumen Kaji Ulang RAD-GRK yang sudah dibuat oleh Pokja RAD GRK dari 34 provinsi. Hal ini sesuai dengan pasal 9 Perpres 61 2011, dimana dikatakan bahwa RAN GRK dapat dikaji ulang secara berkala sesuai kebutuhan nasional dan dinamika internasional. Para peserta dibantu oleh fasilitator dari bidang terkait untuk proses penyusunan draft dokumen tersebut.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyelesaikan input data Pemantauan Evaluasi Pelaporan (PEP) tahun 2016 secara online. Tujuan PEP adalah untuk mengetahui capaian pelaksanaan kegiatan RAN-GRK dan RAD-GRK, meningkatkan efisiensi pengumpulan data dan informasi pelaksanaan kegiatan dalam upaya pencapaian target penurunan emisi dan penyerapan GRK, menyiapkan bahan evaluasi untuk pengambilan kebijakan yang diperlukan dalam rangka penyempurnaan pelaksanaan RAN-GRK dan RAD-GRK, dan menyediakan laporan tahunan capaian penurunan emisi GRK nasional.

Pada hari terakhir, kegiatan ini ditutup dengan presentasi perwakilan dari peserta bidang masing – masing dimana untuk bidang energi diwakili oleh Provinsi Sulawesi Selatan, bidang limbah diwakili oleh Provinsi Riau, bidang lahan diwakili oleh Provinsi Kalimantan Barat). Para perwakilan dari masing – masing bidang memaparkan hasil kegiatan yang sudah dicapai, kendala yang dihadapi, serta masukan dan saran untuk kegiatan ini. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu mengarusutamakan dokumen RAD-GRK sebagai referensi bagi daerah dalam kegiatan perencanaan pembangunan ke dalam RPJMN.